Senin, 05 September 2016

SENYAWA ORGANIK



Senyawa Organik

Senyawa organik adalah golongan besar senyawa kimia yang molekulnya mengandung karbon, kecuali karbida, karbonat, dan oksida karbon. Studi mengenai senyawaan organik disebut kimia organik. Banyak di antara senyawaan organik, seperti protein, lemak, dan karbohidrat, merupakan komponen penting dalambiokimia. Diantara beberapa golongan senyawaan organik adalah senyawa alifatik, rantai karbon yang dapat diubah gugus fungsinya; hidrokarbon aromatik, senyawaan yang mengandung paling tidak satu cincin benzena; senyawa heterosiklik yang mencakup atom-atom nonkarbon dalam struktur cincinnya; dan polimer, molekul rantai panjang gugus berulang.
Adapun sifat sifat dari senyawa organik ialah :
·         Mudah terbakar
·         Titik didih dan titik leleh rendah
·         Mempunyai sifat yang kurang dapat meleleh di dalam air.
·         Senyawa organik biasanya ada dalam bentuk molekul (bukan dalam bentuk ion)
·         Bobot molekul yang biasanya tinggi.
Selain itu juga senyawa organik merupakan suatu senyawa yang mengandung unsur karbon dan hidrogen, oksigen, dan nitrogen.
1.  Karbon
Karbon merupakan salah satu elemen yang paling penting untuk kehidupan di planet bumi. Membentuk lebih banyak senyawa dari unsur lain dan membentuk bahan dasar untuk semua tumbuhan dan hewan. Karbon adalah unsur yang paling berlimpah keempat di alam semesta dengan massa dan unsur yang paling berlimpah kedua dalam tubuh manusia. Karbon atau zat arang merupakan unsur kimia yang mempunyai simbol C dan nomor atom 6 pada tabel periodik.
2.  Hydrogen
Hidrogen (bahasa Latin: hydrogenium, dari bahasa Yunani: hydro: air, genes: membentuk) adalah unsur kimia pada tabel periodik yang memiliki simbol H dan nomor atom 1. Pada suhu dan tekanan standar, hidrogen tidak berwarna, tidak berbau, bersifat non-logam, bervalensi tunggal, dan merupakan gas diatomik yang sangat mudah terbakar.
3.  Nitrogen
Nitrogen atau zat lemas adalah unsur kimia dalam tabel periodik yang memiliki lambang N dan nomor atom 7. Ini adalah pniktogen paling ringan pada temperatur kamar. Biasanya ditemukan sebagai gas tanpa warna, tanpa bau, tanpa rasa, dan merupakan gas diatomik, sangat sulit bereaksi dengan unsur atau senyawa lainnya. Dinamakan zat lemas karena zat ini bersifat malas, tidak aktif bereaksi dengan unsur lainnya
4.  Oksigen
Oksigen atau zat asam adalah unsur kimia dalam sistem tabel periodik yang mempunyai lambang O dan nomor atom 8. Ia merupakan unsur golongan kalkogen dan dapat dengan mudah bereaksi dengan hampir semua unsur lainnya (utamanya menjadi oksida).

Pengertian atom,molekul,unsur,senyawa

1.  Atom
Pengertian Atom ini berasal dari bahasa yunani atomos yang berarti tidak dapat dipotong. Sesuai pengertian tersebut,Atom-atom adalah partikel penyusun semua benda yang berukuran sangat kecil.
2.Senyawa
Senyawa adalah gabungan dari beberapa unsur yang terbentuk melalui reaksi kimia. Senyawa memiliki sifat yang berbeda dengan unsur-unsur penyusunnya. Misal, dua atom hidrogen dengan satu atom oksigen dapat bergabung membentuk molekul air (H2O).
3.unsur
unsur merupakan suatu zat yang hanya mengandung satu jenis atom. Variasi yang luar biasa disekeliling kita tersusun dari substansi-substansi yang juga bisa disebut dengan unsur. Singkatnya Unsur merupakan bahan murni yang tidak dapat dipecah menjadi lebih sederhana lagi. Unsur harus berkombinasi dahulu baru bisa membentuk senyawa, Kebanyakan unsur membentuk kombinasi dua, tiga, atau lebih, untuk membentuk senyawa.
4.Molekul
Molekul adalah kumpulan atom (dua atau lebih) dalam suatu susunan tertentu yang terikat oleh ikatan kimia. Atom-atom tersebut saling berikatan dengan kovalen (sangat kuat) dan bermuatan netral atau stabil (tidak bermuatan listrik).

5 komentar:

  1. selamat pagi saudari aan, saya ingin menambahkan sedikit mengenai resume anda : Perbedaan antara senyawa dan campurandapat dilihat dari beberapa hal diantaranya penyusun materi, sifat materi, proses pembentukan materi tersebut.Perbedaan Antara Senyawa Dan CampuranPerbedaan antara senyawa dan campuran dilihat dari penyusunnya*.Senyawa disusun oleh unsur-unsur dan hanya dipisahkan secara kimia*.Campuran disusun oleh zat dan dapat dipisahkan secara fisik. Perbedaan antara senyawa dan campuran dilihat dari sifatnya
    *Senyawa memiliki sifat yang berbeda dengan unsur-unsur penyusunnya.
    *Campuran memiliki sifat zat penyusunnya masih tampak
    Perbedaan antara senyawa dan campuran dilihat dari pembentukannya:
    *Proses pembentukan suatu senyawa terjadi reaksi kimia.
    *Proses pembentukan suatu campuran terjadi perubahan fisika
    Perbedaan antara senyawa dan campuran dilihat dari perbandingannya:
    *Pada senyawa perbandingan unsur-unsur penyusunnya tetap dan tertentu.
    *Pada campuran perbandingan massa zat penyusun tidak tentu

    BalasHapus
  2. Asslamualaikum aan, saya ingin menambahkan sedikit materi, yaitu
    CampuranPengertian campuran adalah materi yang tersusun daru dua zat yang berlainan atau lebih yang sifat asal zatnya masih terasa dengan perbandingan yang tidak tetap.Sifat-sifat campuran :a. terbentuk dari dua jenis zat atau lebihb. masih memiliki sifat asal zatnyac. perbandingannya sembarang/ tidak tetapd. dapat dipisahkan secara fisikaCampuran dibagi menjadi dua yaitu campuran homogen dan campuran heterogen.1. Campuran homogen adalah jenis campuran yang tidak bisa dibedakan zat yang bercampur di dalamnya. Contoh campuran homogen adalah udara, sirup, dan teh manis.2. Campuran heterogen adalah campuran yang tidak bisa bercampur dengan zat lain secara sempurna dan masih bisa dipisahkan. Contoh campuran heterogen adalah air sungai dari campuran tanah dan air, campuran pasir, semen, dan air, campuran gula dan kopi.Campuran heterogen dibagi menjadi dua yaitu koloid dan suspensi.a. Koloid adalah campuran antara zat yang hampir sama sifatnya. Contohnyacampuran air dan susu, campuran air dan cat, campuran awan dan udara.b. Suspensi adlaah campuran kasar danmasih terlihat oleh mata. Contoh koloid adalah air dan minyak yang tidak dapat bersatu, campuran kapur dengan air, dan campuran air sungai yang warnanya keruh.

    BalasHapus
  3. assalamu'allaikum wr wb,
    saya akan menambahkan sedikit materi.
    Sifat-sifat senyawa :a. Bisa diuraikan menjadi zat yang sederhana/ unsurb. Terbentuk melalui reaksi kimiac. Perbandingannya tetapd. sifat unsurnya berubah/ berbeda ketika menjadi senyawa yang merupakan zat tunggal.

    BalasHapus
  4. waalaikumsalam terima kasih kepada saudari sekalian telah memberikan tambahannya
    semoga bermanfaat^^

    BalasHapus
  5. assalamualaikum
    saya mau nambahkan sedikit
    Pengertian unsur adalah zat tunggal yang tidak bisa diuraikan lagi menjadi zat baru yang lebih sederhana dengan reaksi kimia. Unsur dibagi menjadi dua bagian yaitu unsur logam dan unsur non logam. Sifat-sifat unsur logam adalah :a. Warnanya mengkilapb. Dapat menghantarkan listrik denganbaikc. Dapat menghantarkan panas denganbaikd. Berwujud padat kecuali merkuri (raksa)e. Dapat ditempa menjadi lembaran atau lempenganContoh unsur logam adalah seng, besi, dan emas.Sifat-sifat unsur non logam :a. Pada suhu kamar berwujud zat gas, cair, dan padatb. warnanya tidak mengkilapc. Penghantar panas yang burukd. Penghantar listrik yang buruke. Tidak dapat ditempaContoh unsur non logam adalah oksigen(O), carbon, sulfur, iodium, platinum dan lainnya.

    BalasHapus